Asal Mula Susunan Keyboard QWERTY

Mengapa keyboard pc, laptop, netbook, ponsel tersusun dengan huruf QWERTY? perangkat apakah yang pertama kali memakai susunan QWERTY? Apakah ponsel BlackBerry? Saya menjadi teringat dengan sebuah diskusi di forum kenapa ponsel-ponsel lokal kalau pakai keypad qwerty lalu dibilang mirip BB atau blackberry wannabe? apakah qwerty muncul pertama kalinya di BB? Banyak jawaban dan salah satu yang saya sukai adalah jawaban bahwa mesin tik jaman dulu pakai qwerty koq.

Hari ini saya membaca sebuah berita, dan dinyatakan bahwa sejarah QWERTY keyboard memang dimulai dari sebuah mesin tik pada tahun 1873. Saat itu seorang pemilik mesin tik yang bernama Christopher Latham Sholes mencoba untuk memperbaiki kinerja mesin tik pertamanya supaya bisa ketik lebih cepat dan efisien. Karena susunan awalnya mesin itu bukan qwerty dan mesin itu sering macet karena huruf-huruf yang sering dipakainya itu jaraknya berdekatan.

Karena mesinnya sering macet maka Christopher Latham Sholes ini menyusun rangkaian huruf di papan ketik mesinnya menjadi susunan QWERTY pada baris pertama. Dan pada tahun 1874 jadilah sebuah mesin tik komersial pertama dengan nama Remington yang memakai susunan huruf QWERTY.
Gambar Mesin Tik Remington.

Demikianlah sekilas informasi Asal Mula Susunan Keyboard QWERTY ini, semoga menambah pengetahuan dan silahkan like dan share artikel ini ke teman-teman di Facebook dan Twitter jika suka, terima kasih.

1 comment:

Dzulfikar Abdul Fattah said...

Baru tau nih ane gan. Jadi sebenarnya pertama kali tug pake abcd ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...