Menghemat Baterai Ponsel Android OS

Ponsel yang dijalankan dengan Android OS sebagai Sistem Operasinya bisa dibilang unggul dari sisi kualitas, misalnya tampilan antar muka (interface), banyaknya aplikasi gratis yang bermanfaat dan menghibur yang bisa kita download jika ada koneksi Wifi atau membeli paket data dari operator seperti Telkomsel Flash. Dan yang menjadi masalah untuk  ponsel Android adalah daya tahan baterainya, karena keranjingan online dan mengaktifkan jaringan nirkabel  maka energi baterai banyak terkuras. Berikut ada tips yang pada dasarnya bisa diterapkan untuk handphone lain, seperti halnya tips mengatasi battery iPhone yang cepat habis.

Pertama, kelolalah jaringan nirkabel atau wireless dengan bijak. Sebaiknya  tidak mengaktifkan seluruh konektivitas yang tersedia pada ponsel secara bersamaan, misalnya dengan menghidupkan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth.

Kedua, mengurangi tingkat kecerahan layar. Layar ponsel yang terang memang membuat tampilan menjadi lebih jelas. Tapi di balik itu, semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka semakin besar pula daya yang dikeluarkan baterai ponsel.

Ketiga, gunakan salah satu fitur saja untuk memberitahu apabila ada pesan baru. Apabila ada email, pesan instan, pesan singkat (SMS), atau panggilan masuk ke ponsel Android, rasanya tidak perlu ponsel itu berbunyi terlalu keras dan bergetar. Cukup gunakan salah satu dari dua fitur tadi, suara atau getar saja supaya baterai lebih hemat.

Keempat, mengaktifkan email yang penting saja. Jika  memiliki lima akun email dan semuanya aktif, sebaiknya pilih email mana yang paling sering digunakan dan akan diaktifkan sepanjang hari. Pasalnya, semakin banyak aplikasi, seperti email, live streaming, radio, atau media sosial yang aktif dalam waktu bersamaan, maka semakin besar pula daya baterai yang dibutuhkan.

Kelima, selalu sediakan baterai cadangan. Ketika mengisi baterai, disarankan untuk tidak mencabutnya apabila kapasitasnya belum sampai separuhnya. Pasalnya, jika baterai belum sampai 50 persen terisi kemudian sudah digunakan lagi, maka energi yang tersimpan akan dengan mudah terkuras karena memang masih sedikit.

Sumber Informasi.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...