Mengenal Teknologi Touchscreen

Hari gini siapa yang tidak tahu touchscreen atau layar sentuh ? atau belum mencoba teknologi ini seperti yang diterapkan pada layar ponselnya Sony Ericsson, Nokia, Samsung, LG Mobile, Philips, HTC, iphone, Blackberry atau monitor ATM non tunai? Berikut adalah kutipan informasi dari pcmedia untuk menambah pengetahuan kita. Thanks.
Lembut, tampak indah, nyaman dipandangi, dan bereaksi ketika Anda sentuh sedikit saja apakah itu? Jika itu adalah sebuah perangkat komputer, maka jawaban yang paling tepat adalah sebuah layar touchscreen.

Interaksi Anda dengan perangkat komputer memang terus berevolusi dari waktu ke waktu. Bagi Anda yang telah lama bergelut dengan dunia komputer pasti merasakan perbedaannya. Proses interaksinya semakin nyata dan mudah hari demi hari.

Pada awal-awal penggunaan komputer, interaksi manusia dengan perangkat komputer hanya dapat dilakukan dengan punch card. Sebuah kartu yang diberi lubanglubang menjadi media penyimpanan data. Kartu tersebut dilubangi oleh sebuah mesin bernama Keypunch.

Keypunch merupakan sebuah mesin pelubang kertas yang dihubungkan dengan keyboard seperti mesin ketik. Dengan mengetikkan sebuah kata, maka lubang-lubang yang mewakilinya akan terbentuk. Meng-input data pada waktu itu tidak berbeda jauh dengan menulis dengan menggunakan mesin ketik. Setelah di-input, kartu berlubang tersebut kemudian dibawa ke mesin pembaca kartu yang terpisah dari mesin pelubangnya. Tentu meng-input dan membaca data pada waktu itu amatlah sulit dan memakan waktu.

Evolusi perangkat komputer terus berlanjut. Jika dulu masih banyak terdapat hubungan yang bersifat fisik antara manusia dengan komputer, makin hari hal tersebut makin berkurang. Pada era 80-an komputer sudah lebih nyaman lagi untuk digunakan karena sudah menggunakan keyboard dan monitor sebagai alat peng-input dan penampil datanya. Tinggal ketik saja apa yang Anda suka, maka seketika itu juga data Anda tampil di layar monitor.

Menggunakan komputer memang sudah lebih nyaman, namun tentu saja masih banyak kurangnya. Pada waktu itu Anda hanya dapat melihat dunia komputer dalam dua warna saja. Hitam dan putih, hitam dan hijau, hitam dan jingga, dan banyak lagi. Data yang Anda input dan ditampilkan juga masih sangat terbatas. Pada era ini Anda sudah bisa meng-input data dengan menggunakan keyboard yang sudah lebih nyaman dibandingkan mesin ketik, namun kebanyakan keyboard zaman dahulu masih agak keras untuk ditekan.

Perkembangan terus berlanjut ke arah yang lebih baik. Anda mulai bisa melihat warna yang bervariasi dalam monitor, keyboard sudah lebih nyaman digunakan, kemudian hadir sebuah perangkat lucu bernama mouse, joystick untuk bermain game, dan pengguna semakin nyaman saja berkomputer.

Namun, perkembangan tidak hanya sampai di situ saja. Dengan begitu membludaknya kebutuhan akan komputer dalam kehidupan sehari-hari, maka interaksi antara manusia dan komputer juga harus dipermudah terus. Menggunakan komputer harus dibuat semudah mungkin dengan tujuan agar informasi dapat cepat disampaikan atau pekerjaan dapat cepat selesai. Untuk menjawab kebutuhan itu para inventor perangkat komputer menciptakan sebuah perangkat interaksi yang sangat memudahkan manusia untuk menggunakan komputer. Perangkat tersebut adalah layar sentuh atau sering disebut dengan istilah touchscreen.

Teknologi ini memang bukan barang baru karena sudah tercipta sejak 1971 dan sudah luas digunakan pada era 90-an, namun teknologinya pun terus-menerus berkembang dan masih sangat menarik untuk dipelajari lebih lanjut.

Informasi selanjutnya Apa dan dimana touchscreen dipakai orang, Perkembangan Teknologi Touchscreen dan bagaimana cara kerja layar sentuh ini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...