1 Juli harinya Walkman

Harus diakui ponsel hari gini bukan cuman sekedar alat komunikasi, masak iya alat komunikasi harus dibeli dengan harga berjuta-juta ( kalau dulu sih iya ) banyak orang pakai ponsel untuk gaya, sebagian untuk jadikan modem internet dan sebagian lebih difungsikan sebagai pemutar musik mp3 seperti juga saya yang pakai Sony Ericsson seri Walkman lebih banyak dipakai untuk dengar lagu pengantar tidur.

Walkman sendiri sudah ada sejak 30 tahun dan hari ini 1 Juli 2009 adalah hari ulang tahunnya, berikut adalah Sejarah Walkman. Thanks.
Walkman adalah Trademark Sony untuk produk audio portable player, dulu sewaktu masih kecil walkman yang kita tahu adalah kaset walkman dan sekarang walkman yang banyak orang tahu adalah handphone SE.

Dari yang pernah saya baca --bukan di blog/web sih, kalau ada soft copy sih tinggal copy paste :)--. Walkman adalah hasil ciptaan Nobutoshi Kihara, seorang ahli audio untuk co-chairman Sony yang bernama Akio Morita. Berawal ketika Akio Morita ingin mendengarkan opera saat berada dipesawat.

Walkman yang Pertama.
1 Juli 1979 walkman pertama dirilis dengan menggunakan kaset dan jualnya di Jepang. Kemudian muncul Walkman Pressman dengan teknologi baru untuk merekam suara.

Ditahun 1984 Walkman memperkenalkan recording cassette deck dengan kualitas suara yang sangat jernih dan ada layar led sebagai penunjuk dan pengukur recording level, juga dilengkapi kontrol manual recording. Diseri ini disebutkan bahwa daya yang dipakai adalah dari 4 baterai AA, mungkin seri sebelumnya masih pakai jumlah baterai yang lebih banyak atau masih pakai kabel listrik kali ya?

Seperti halnya sekarang Walkman SE punya kompetitor ponsel music dari vendor lain, dulupun walkman sony punya kompetitor yaitu Toshiba Walky dan Aiwa CasseteBoy.

Tahun 1984 Sony merilis CD Walkman dengan nama Discman dan serinya D-50. Fitur andalannya adalah Electronic Skip Protection(ESP) dimana lagu tidak akan skip(lompat) jika terjadi guncangan pada discman, karena dengan teknologi G-Protection discman sudah membaca isi disc dan lalu menyimpan dalam memory.

Ditahun 1989 Sony mengeluarkan Walkman yang menggunakan 2 motor pemutar playback dengan fitur Dolby B/C noise reduction decoding, Mega Bass/DBB bass boost, tape type select,dua auto reverse modes.

Ditahun 1992 ada MiniDisc Walkman atau MD Walkman, dengan kapasitas 4 kali lebih besar dari CD biasa untuk recorder-player. Minidisc Walkman bisa memutar minidisc baik yang direkam secara digital maupun analog seperti memutar hasil rekaman live audio langsung dari microphone-nya.

Dari MD Walkman kemudian berganti NetMD (NetworkMD) dengan dukungan USB kita bisa transfer lagu dari PC ke NetMD, format yang dipakai adalah ATRAC3 jadi sebelumnya convert dulu music dari CD atau MP3 keformat ATRAC3 ini.

Ditahun 2004 Sony merilis Hi-MD Walkman dengan kapasitas memory 1GB dan Hi-MD Walkman inilah yang dapat langsung memutar Mp3 tanpa perlu di convert lagi ke format ATRAC3.

Ketika Sony (teknologi music) merger dengan Ericsson (teknologi komunikasi) pada tahun 2001, hasilnya adalah perusahaan raksasa yang memproduksi ponsel dengan nama Sony Ericsson. Seri Walkman pertama dari Sony Ericsson adalah W800yang dirilis pada pertengahan tahun 2005 dengan desain young and chic dan diikuti W550,W700,W300,W710,W810,W900,W950,W200,W302,W350,W380,W580,W595,
W610,W660,W760,W830,W850,W880, W890,W902,W910,W960,W980,W705,W508 dan akan terus bertambah untuk memuaskan kita sebagai SE user.

W950 adalah Walkman pertama yang pakai Symbian OS v9.1, UIQ3.0--touchscreen.

Kira-kira demikian History Walkman, kalau ada yang salah atau kurang harap memberikan koreksi.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...